Memikirkan yang terbaik untuk bisnis kita di masa PPKM ini

6 Langkah Analisis Kompetitor Agar Usaha Tetap Unggul

Published (updated: ) in Bisnis yang laku terus.

Anda yang sedang kursus digital advertising atau pemilik bisnis yang ingin meningkatkan penjualan secara on-line, simak artikel ini sampai tuntas. Pemasaran dengan pendekatan cross-promotion di era ini akan lebih efisien jika diintegrasikan dalam platform digital, seperti sosial media. Ada banyak alat, teknik, dan jejaring sosial yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan dan memperluas produk atau layanan Anda secara on-line. Pameran bisnis merupakan salah satu strategi promosi yang dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam mengenalkan produk mereka.

Dari kedua platform media sosial tersebut menyediakan fitur iklan yang dapat diatur sedemikian rupa dengan menyesuaikan lokasi, umur, dan minat audience yang disasar. Penyesuaian tersebut dapat memaksimalkan iklan agar tepat sasaran dengan goal market dan tujuan melakukan iklan. Jadi, jika produk Anda memiliki target pasar usia tersebut, Anda perlu coba promosi di TikTok. Anda bisa membuat konten video kreatif yang sesuai dengan goal pasar Anda. Paid promote merupakan layanan jasa promosi berbayar yang biasanya dilakukan di akun-akun influencer atau buzzer, terutama di Instagram. Strategi influencer ini yang justru menjadi cara yang efektif dalam mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu hanya perlu meng-klik “Share” untuk setiap media sosial yang kamu gunakan, dan informasi dengan sekejap akan tersebar. Media sosial mampu menampilkan secara real time, sehingga semua yang kamu posting akan langsung muncul di timeline followermu. Di TikTok inilah orang bisa menjadi terlibat serta terinspirasi oleh adanya kampanye pemasaran. Setiap pelaku usaha akan membuat versinya sendiri dan model milikmu akan mengalami dampak kampanye tersebut, yang salah satunya bisa memperluas pasar. Sumber daya digital tersebut berisi tentang ulasan produk, tutorial, kanal pemesanan, hingga layanan pelanggan.

Melakukan promosi bisnis dengan berkolaborasi dengan influencer

Untuk memulia pembukuan tersebut, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Harmony. Kalangan milenial khususnya sangat antusias mengikuti lomba, sehingga hal ini cocok dijadikan sebagai sarana promosi. Jenis lomba yang dibuat bisa bermacam – macam, misalnya lomba foto dengan produk yang kamu jual. Cara lain untuk menggaet pelanggan baru yang efektif adalah dengan mengadakan lomba atau kompetisi. Kamu juga harus belajar bagaimana membuat diskon besar tetapi tetap memberikan keuntungan positif bagi bisnis.

Contohnya Influencer makanan dapat membagikan resep, foto kunjungan ke restaurant,ulasan bahkan promosi merek. Oleh karena itu biasanya para pengikut Influencer menganggap mereka adalah figur otoritas atau ahli di bidangnya. Kirimkan pesan yang menarik dan informatif tentang bisnis dan produk Anda agar followers merasa terdorong untuk membeli produk atau melakukan konversi yang lainnya.

Digital advertising guru, Neil Patel secara aktif menggunakan Twitter untuk mempromosikan blognya, mengingat goal marketnya adalah pengusaha, digital marketers, content material creators, dan lain lain. Jika Anda sudah menetapkan platform yang sesuai, saatnya Anda membuat akun atau mengoptimalkan yang sudah ada. Influencer memiliki pengaruh tertentu untuk pengikutnya, juga dapat diartikan sebagai selebriti media sosial karena mereka membangun persahabatan dengan basis penggemar.

Kedua, ada potensi memprediksi dan melahirkan keputusan lebih baik daripada seorang ahli sekalipun saat individu-individu tersebut bekerja sama. Proses kolaborasi brandseharusnya mendatangkan kekuatan dari knowledge of crowds. Konsep ini dipopulerkan oleh James Surowiecky dalam bukunya, The Wisdom of Crowds. Casio G-Shock bersama Michael Jordan Brand melakukan kolaborasi saat mengeluarkan tiga macam arloji edisi spesial. Coca-Cola bahkan hingga saat ini selalu berkolaborasi dengan berbagai grup musik ternama untuk selalu menawarkan kesegaran pencitraan. CottonInk merupakan bisnis yang ia jalani berdua dengan partnernya hingga saat ini, dan ia mengatakan bahwa sampai sekarang Ia selalu mengandalkan modal dari masing-masing orang, atau dalam kata lain self-funded.

Artinya, follower harus scroll ke bawah untuk menemukan konten promosi Anda. Menentukan influencer yang mempunyai audiens mirip atau cocok dengan target pasar kita sangat penting. Salah satu alasannya, lebih dari 90% pengguna internet mengenal produk baru melalui YouTube.

Namun saat publik figur yang melakukannya, kepercayaan konsumen akan dengan mudah dan cepat langsung terbentuk. Misalnya saat influencer mikro mempunyai engagement rate yang tinggi, ini akan menjadi rekomendasi yang baik untuk promosi produk. Sebaliknya, selebriti dengan jumlah follower besar, tapi engagement sangat rendah, akan kurang menguntungkan. Jika Anda mempunyai finances yang terbatas, memilih endorser mikro bisa menjadi pilihan terbaik. Alasannya, mereka lebih sering berinteraksi dengan follower secara intens. Bahkan tidak jarang, follower justru bertanya tentang produk tertentu ke si influencer atau memberi masukan terhadap produk yang dipromosikan.